(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Mahasiswa Prodi Manajemen Mengikuti Lomba Debat Nasional Bahasa Indonesia

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana, telah mengirimkan beberapa mahasisswa untuk mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional bagi Mahasiswa Se-Indonesia dan Rangkaian Acara Action of Economic Development (AVEL) yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Oktober 2023 dan diselenggarakan oleh HMJ IESP Universitas Mataram yang bertempat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Lomba debat Bahasa Indonesia tingkat Nasional tahun 2023 melibatkan : beberapa Perguruan Tinggi yang mengikuti lomba tersebut antara lain adalah Universitas Mataram, Universitas Nusa Cendana, Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Semua rangkaian acara diawali dengan sambutan, disampaikan bahwa lomba debat ini bukan hanya untuk menguji kemampuan berpikir kritis tetapi juga sebagai bentuk untuk menemukan solusi-solusi dalam mempersiapkan SDM dalam menghadapi Indonesia Emas 2045 karena mengingat SDM merupakan kunci penting ketika ingin memajukan sebuah negara.
Setelah pembukaan lomba, panitia bersama juri langsung melakukan pembagian mosi dan posisi tim untuk mendapatkan tim-tim yang akan bertanding. Kemudian para juri menampilkan hasil draw tim.
Pada babak penyisihan peserta berjumlah 11 tim dan 1 tim yang merupakan swing tim. Pada babak penyisihan ini dilakukan perhitungan dengan poin untuk mendapatkan 8 tim yang akan maju ke babak semi final. Pada babak semi final untuk mencari 4 tim yang akan melanjutkan ke babak final.
Kekurangan dari lomba ini, tidak semua perguruan tinggi mengikuti lomba padahal seharusnya setiap perguruan tinggi mengirimkan tim untuk saling bertanding agar perlombaan ini lebih menarik lagi. Bisa dilihat dari daftar perguruan tinggi yang mengikuti lomba ini, hanya terdapat 4 Universitas yang bergabung dalam acara kali ini.
Kelebihan dari lomba debat ini, dapat memampukan mahasiswa untuk lebih mengembangkan cara berpikir kritis, mengumpulkan data-data akurat dan pendapat yang efektif, membujuk dan menghibur para audiens dengan tata Bahasa dan gesture yang sesuai.
Dari perlombaan ini dapat disimpulkan bahwa, lomba debat merupakan media penyampaian pendapat dengan memberikan argumentasi yang jelas, lugas dan logis. Dalam sebuah debat, harus bisa memposisikan diri sebaik-baiknya dan tidak terpengaruh oleh argumentasi lawan sehingga tetap memegang teguh posisi yang telah ditentukan.VFP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *