(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Merupakan suatu kebanggaan bagi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Nusa Cendana karena dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut mahasiswa prodi manajemen lolos dalam pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Dimana sebanyak 5 kelompok dari UNDANA yang lolos dalam pendanaan P2MW, diseleksi lagi sehingga yang lolos hanya 1 kelompok untuk mengikuti Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) XIV mewakili UNDANA, yang tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja, Bali. Kegiatan Expo KMI ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 15 November s/d 17 November 2023. Pelaksanakan kegiatan ini merupakan acara tahunan dan puncak acara dari P2MW yang akan menampilkan produk-produk unggulan dari mahasiswa dari seluruh Indonesia.
Tim Renew Crafter yang dibimbing oleh Dosen FEB, Ibu Clarce S. Maak, S.Si.,MM ini membawa produk utama mereka yang terbuat dari sampah plastik, yaitu botol bekas dimana botol bekas disulap menjadi barang bernilai ekonomis seperti tas, pot bunga dan juga lentera. Karena kreativitas, keunikan dan inovasi dari kelompok inilah yang membuat mereka lolos mengikuti ajang tersebut. Tim ini juga terbentuk dari 5 orang mahasiswa yaitu Teresita Noviyanti Bere sebagai ketua tim, dengan anggotanya Maria Asdiana Hudi, Stefani Inge Inggriati Tuan, Maria Choncita Y. Nahas dan Rolan Ruben Ngeu.

Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Undana, Dr. Rolland E. Fanggidae, S.Si., MM yang juga menjadi Penanggung jawab dari Tim ini menjelaskan, kegiatan ini merupakan kali kedua FEB khususnya Prodi Manajemen membawa nama baik Undana mengikuti ajang kewirausahaan P2MW sekaligus menjadi tim yang berkesempatan mengikuti Expo KMI, ini menunjukan bahwa mata kuliah kewirausahaan telah membawa dampak positif dimana jiwa wirausaha bisa bertumbuh dan memberi dorongan pada mahasiswa untuk mau berkompetisi dan berinovasi mengembangkan produk menjadi sesuatu yang selain bernilai ekonomis juga ramah lingkungan. Ia juga menjelaskan bahwa dalam Expo ini tim Renew Crafter tidak hanya membawa produk utama mereka saja, tetapi juga turut membawa produk tambahan dari 4 kelompok lainnya yaitu, Produk Aksesoris Motif dari Tenun, bunga hias dari kantong plastik, Baju kaos motif print dan produk minuman dari saboak.

Lebih lanjut, jelas Dr. Rolland dengan lolosnya tim kami mengikuti kegiatan P2MW dan Expo KMI kami harapkan menjadi stimulus untuk kelompok atau tim lainnya yang ada di Undana khusunya bagi yang mempunyai minat dalam bidang wirausaha untuk mau bergabung dan berkompetisi bersama di tahun depan, agar dapat membawa nama Undana dan memperkenalkan sekaligus mempromosikan kreatifitas wirausaha muda NTT. (CSM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *